Cara Menggunakan Ulasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Bisnis
Cara Menggunakan Ulasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Bisnis – Dalam survei yang dilakukan Statista, 86 persen responden mengaku hampir selalu membaca review perjalanan sebelum membuat rencana perjalanan. Selain itu, 88 persen membaca ulasan untuk menentukan kualitas bisnis lokal, menurut penelitian BrightLocal.
Sebagai pemilik bisnis, bagaimana Anda memastikan bahwa pelanggan yang puas benar-benar mengambil langkah untuk memberikan ulasan, testimoni, atau peringkat bagus pada bisnis Anda?
Cara Menggunakan Ulasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Bisnis
Pada akhirnya, ini tergantung pada layanan pelanggan dan kemampuan memberikan umpan balik dengan mudah dan bebas stres bagi pelanggan Anda. Berikut 10 hal yang dapat Anda lakukan agar pelanggan membagikan testimoni dan ulasan positif tentang bisnis Anda.
Tips Meminta Ulasan Dan Testimoni Pelanggan
Tidak peduli berapa lama pengalaman bisnis Anda, sangat sedikit pelanggan yang mau memberikan ulasan atau testimoni positif tentang bisnis Anda.
Jadi permudahlah pelanggan untuk berbagi pengalaman mereka dengan memposting tautan langsung ke situs web Anda di situs ulasan utama atau mendorong pelanggan untuk menjadi anggota perusahaan Anda di Facebook.
Kirimkan permintaan Anda secara langsung. email pasca-kunjungan yang mendorong pelanggan untuk mengambil tindakan atau membagikan kartu pos atau kartu nama yang menyertakan alamat rumah di situs ulasan tempat pelanggan dapat meninggalkan lokasi Anda.
Perusahaan yang mempertahankan kehadiran media sosial yang positif dapat mengumpulkan lebih banyak ulasan dan testimoni pelanggan dibandingkan perusahaan yang tidak.
Teknik Penjualan Produk Door-to-door (daring)
Laporan dari Syncapsi mengungkapkan bahwa penggemar Facebook cenderung “mendapatkan lebih banyak, terlibat lebih banyak, lebih banyak mendukung, dan lebih setia”, itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi bisnis untuk menginvestasikan waktu dalam beberapa tingkat aktivitas media sosial jaringan.
Tindakan ini bisa sesederhana melacak dengan cepat semua komentar yang diposting di halaman Facebook atau Instagram atau membalas semua ulasan.
Ini akan menunjukkan kepada audiens Anda bahwa Anda sangat bersedia untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan mereka – sebuah elemen penting dari layanan pelanggan yang baik.
Namun pelanggan Anda akan cenderung melupakan Anda jika Anda tidak menindaklanjutinya melalui panggilan telepon atau surat.
Inovasi Social Commerce Dalam Mengubah Dinamika Pasar Dan Menjangkau Pelanggan Potensial Bagi Umkm
Daripada hanya mengandalkan email otomatis untuk mendapatkan masukan dari pelanggan Anda, pertimbangkan untuk menghubungi mereka untuk melakukan tinjauan langsung guna memastikan mereka menikmati kunjungan mereka dan meminta masukan langsung.
Ini akan membuka jalur komunikasi dan menambahkan sentuhan pribadi pada keseluruhan pengalaman, yang pada gilirannya akan memberi Anda ulasan positif.
Sebaliknya, Anda dapat mendorong lebih banyak pelanggan untuk membagikan masukan mereka dengan imbalan diskon pada kunjungan berikutnya sebagai cara untuk menunjukkan penghargaan atas upaya mereka.
Promosikan bahwa Anda memberikan diskon kepada semua pelanggan yang meluangkan waktu untuk menyelesaikan survei singkat setelah kunjungan, memposting bisnis Anda di Facebook, atau memposting peringkat dan ulasan di Google Maps.
10 Cara Mencari Pelanggan Baru Untuk Bisnis Anda
Gunakan platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk mendorong ulasan bagus tentang bisnis Anda dan menandai pelanggan yang menulis ulasan tersebut.
Hal ini akan menyoroti pelanggan, membuat mereka merasa senang dalam mengulas, dan juga mendorong pelanggan lain untuk mengikutinya sehingga mereka dapat menikmati beberapa menit dalam sorotan.
Pelanggan yang melihat bagaimana pengulas lain diperlakukan, baik dengan mempromosikan testimonial video untuk bagian tertentu di situs web Anda atau dengan mempromosikan komentar di Facebook dan Twitter, dapat membantu menghasilkan lebih banyak ulasan.
Ikuti kompetisi untuk memenangkan hadiah dasar atau diskon khusus untuk salah satu produk Anda atau tawarkan paket eksklusif.
Cara Meningkatkan Visibilitas Produk Secara Jitu Tepat Ke Hati
Strong Leaf mengadakan kontes ini pada tahun 2009 untuk mendorong lebih banyak penilaian dan ulasan terhadap teh dan produk lainnya.
Kontestan hanya perlu menulis ulasan untuk dimasukkan ke dalam pengundian acak untuk mendapatkan teh senilai $100.
Perusahaan memudahkan untuk mengikuti kontes dengan menambahkan link “Tulis Ulasan” pada halaman produk dan menjelaskan bahwa pemenang akan dihubungi melalui email.
Fokus utama Anda sebagai pemilik bisnis mungkin adalah memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pelanggan Anda dan memperkenalkan mereka pada produk baru, namun jangan lupakan pentingnya pengalaman pelanggan bahkan sebelum pengunjung mengenal produk atau layanan Anda.
Jangan Abaikan, Ini Pentingnya Ulasan Dan Feedback Pelanggan!
Coinbase melaporkan bahwa 75 persen keranjang belanja online ditinggalkan, dan HubSpot menjelaskan bahwa ini mungkin karena “proses pembayaran tampaknya terlalu rumit atau tidak pasti.”
Faktor lain yang perlu diperhatikan, menurut HubSpot, antara lain proses alur checkout yang terlalu lama dan masalah teknis pada keranjang belanja.
Jika Anda dapat menghadirkan proses pembayaran yang lancar bagi pelanggan Anda, Anda tidak hanya dapat mengamankan pesanan, namun juga berkontribusi pada pengalaman layanan pelanggan yang positif – yang dibagikan oleh banyak pelanggan Anda dalam bentuk ulasan positif dan peringkat tinggi.
Tidak semua pelanggan Anda akan menjadi pelanggan yang senang. Namun, mempelajari cara menangani ulasan negatif secara efektif akan membuka pintu bagi ulasan yang lebih positif karena pelanggan akan melihat bahwa Anda melakukan upaya ekstra untuk memperbaiki situasi yang sulit.
Strategi Meraih Kepercayaan Dalam Meningkatkan Ulasan Produk!
Seperti yang kami jelaskan dalam postingan kami tentang praktik terbaik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, terkadang pendekatan terbaik untuk menangani komentar adalah dengan meminta maaf dengan tulus dan kemudian menunjukkan apa yang Anda lakukan dengan benar.
Apa pun yang Anda posting secara publik yang menunjukkan kepada pengunjung biasa bahwa Anda peduli terhadap pelanggan Anda dapat meningkatkan citra Anda dan kemudian menarik lebih banyak ulasan positif dan peringkat tinggi.
Bagaimana staf Anda menyambut pengunjung untuk membeli, menggunakan, dan kembali membeli produk Anda dan bagaimana perasaan pelanggan ketika mereka meninggalkan tempat Anda akan menjadi beberapa interaksi paling berkesan yang dilakukan pelanggan Anda di luar pengalaman sebenarnya.
Latih staf Anda untuk menyambut setiap pelanggan dengan praktik terbaik standar, baik itu mencakup menyambut pelanggan dengan paket selamat datang, memberi mereka tumpangan singkat ke tempat kerja, atau memperkenalkan mereka satu per satu dengan menyebutkan namanya kepada anggota staf kunci.
7 Tips Untuk Menangani Kritik Pelanggan
Jika Anda adalah pemilik bisnis yang menjual jasa, berikan tanda terima kasih kepada pelanggan dalam bentuk kartu ucapan terima kasih, tas hadiah, atau jenis kenang-kenangan lainnya untuk meninggalkan kesan mendalam sehingga pelanggan merasa lebih dihargai dan terhubung dengan organisasi Anda. -dan dapat mengulas sisi positifnya.
Baik Anda memasok cetakan, menjalankan bengkel, atau membuka restoran, pastikan Anda mempertimbangkan untuk menggunakan strategi periklanan atau penjualan silang.
Hal ini akan meningkatkan pengalaman melalui peluang untuk menawarkan layanan atau produk gratis kepada pelanggan sehingga mereka dapat menikmati pengalaman baik bisnis Anda.
Pikirkan berapa banyak pelanggan yang akan membicarakan produk gratis yang mereka terima saat memesan suatu produk, atau betapa senangnya mereka menerima hadiah atau suvenir gratis saat menggunakan layanan Anda.
Cara Mengatasi Review Negatif Dari Pelanggan
Pelanggan tidak hanya mengandalkan ulasan untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk dan layanan Anda, namun mereka juga menggunakannya untuk menghubungi bisnis Anda dan memberi tahu calon pelanggan tentang pengalaman mereka.
Dalam Survei Tinjauan Konsumen Lokal BrightLocal tahun 2020, 72% konsumen AS mengatakan mereka telah menulis ulasan untuk bisnis lokal.
Apa yang dikatakan oleh peringkat dan ulasan ini sangatlah penting: Lebih dari 50% mengatakan mereka tidak akan mempertimbangkan untuk menggunakan bisnis yang memiliki kurang dari empat bintang.
Pelanggan Anda bukan satu-satunya yang harus memberikan umpan balik di bagian ulasan bisnis Anda. Melihat ulasan pelanggan bisa menjadi cara yang bagus untuk berinteraksi dengan audiens Anda dan berhenti berlangganan email pelanggan.
Pengelolaan Customer Satisfaction/kepuasan Pengguna Layanan
Faktanya, 20% konsumen yang menulis ulasan mengharapkan sebuah bisnis merespons dalam satu hari, menurut penelitian BrightLocal. Jika Anda memahami pentingnya ulasan pelanggan, Anda dapat menggunakannya untuk keuntungan Anda.
Penulis ulasan online adalah Google. Kebanyakan orang memulai pencarian Google dan melihat penawaran dan ulasan yang mereka temukan.
Untuk tampil di Google, Anda harus membuat listingan Google Bisnisku. Jika Anda belum memilikinya, kunjungi business.google.com untuk memulai.
Pastikan listingan Anda tampak dioptimalkan dengan baik. Mendapatkan ulasan di Google Review akan meningkatkan visibilitas bisnis Anda dan membantu mengubah prospek menjadi pelanggan.
Tips Sukses Menggunakan Jasa Rating Dan Review Google Maps!
Platform lain yang selalu bagus untuk dilihat, meski hanya untuk tujuan review, adalah Facebook, Bing, dan Yelp. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan produk khusus industri seperti Healthgrades untuk profesional atau Houzz untuk pembangun rumah.
Anda sebaiknya membatasi ulasan Anda terutama pada email Google, namun pastikan untuk mendapatkan beberapa ulasan di setiap platform lainnya.
Melihat daftar pesaing Anda adalah cara yang baik untuk menentukan berapa banyak testimonial yang harus Anda miliki, namun sebenarnya tidak ada angkanya.
Yang paling penting adalah mendapatkan aliran ulasan yang stabil. Mulailah dengan mencoba mendapatkan setidaknya satu atau dua ulasan dalam sebulan dan mungkin satu atau dua ulasan dalam seminggu jika Anda memiliki banyak pelanggan yang datang dan pergi setiap hari.
13 Contoh Respon Ulasan Online Untuk Mengelola Reputasi Online Anda Dengan Mudah Di Berbagai Platform
Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, namun menerima beberapa ulasan sekaligus (terutama jika ulasan tersebut berasal dari alamat IP atau lokasi Anda) dapat menimbulkan tanda bahaya.
Dari tindak lanjut pribadi hingga bekerja ekstra dengan layanan pelanggan, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang pelanggan menulis ulasan positif tentang bisnis Anda secara online.
Gunakan tips berikut untuk membantu lebih banyak pelanggan mendapatkan ulasan positif dan tinggi tentang tur dan bisnis Anda setelah setiap kunjungan.
Yang tidak kalah penting dalam bisnis adalah memiliki data penjualan yang kuat sehingga Anda dapat memahami detail dan informasi pelanggan secara keseluruhan.
10 Cara Menarik Pelanggan Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis
Apakah belum ada sistem seperti ini? Anda bisa mencoba menggunakan program software yang memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau.
Dengan , Anda dapat dengan mudah membuat dan mengelola laporan keuangan, data transaksi, penjualan dan data pelanggan dengan mudah dalam satu platform terintegrasi.
Di blog UKM ini, saya akan berbagi tim dan cerita saya tentang pengalaman membangunnya dari awal, bagaimana membangun sebuah startup, dan bagaimana mengembangkannya.